Bahan-bahan dalam Produk Skincare yang Ampuh Hilangkan Jerawat

Foto: www.shutterstock.com

Penggunaan produk skincare memang salah satu metode yang pas untuk menghilangkan hingga mencegah jerawat-jerawat nakal. Pemilik kulit berjerawat saat ini dapat dengan mudahnya memperoleh produk skincare di pasaran yang dapat menghilangkan hingga mencegah jerawat membandel. Tetapi, perlu diingat, bahwa dalam memilih produk skincare itu perlu hati-hati dan cermat. Pastikan produk skincare buat jerawat cocok serta nyaman digunakan.

Memilih produk skincare yang cocok untuk mengobati jerawat itu bukan hanya dilihat dari brand, tetapi perlu diperhatikan komposisi bahannya. Apakah di produk incaranmu terdapat bahan yang dapat menghilangkan, mencegah, atapun melawan jerawat di kulitmu? Mengutip dari berbagai macam sumber, berikut saran bahan produk skincare yang cocok untuk pemilik tipe kulit berjerawat.

Tea Tree Oil

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Tea Tree Oil! Tetapi, tahukah kamu bahwa bahan yang kerap dipakai dalam rangkaian skincare buat kulit berjerawat ini bukan dari tumbuhan teh, lho!

Berasal dari tanaman Melaleuca Alternifolia yang daunnya berupa semacam jarum (sekilas mirip dengan daun pinus ataupun rosemary), Tea Tree Oil sangat bagus untuk kurangi jamur dan bakteri, menenangkan kulit, mengurangi hingga mencegah alergi. Oleh sebab itu, Tea Tree Oil sering sekali ditemui di produk perawatan jerawat ataupun ketombe.

Witch Hazel

Witch Hazel memiliki dua fungsi, diantaranya sebagai astringent dan disinfectant, Witch Hazel bagus untuk kulit yang kotor dan bermasalah. Witch Hazel yang biasa ditemui dalam bentuk face toner, pasti akan menolong untuk membersihkan pori-pori hingga jerawat yang menumpuk. Kelebihan lainnya, bahan ini dapat dipakai buat tipe kulit yang normal hingga sensitif. Lalu, karena Witch Hazel merupakan bahan aktif alami, jadi aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Niacinamide

Kamu tentu tidak asing dengar tentang serum yang memiliki Niacinamide, kan? Niacinamide ini merupakan wujud turunan Vitamin B3 yang sangat baik untuk memperbaiki kehancuran kulit. Tetapi, jangan sampai pakai Niacinamide dengan dosis yang sangat besar ya, supaya tidak mengganggu sel kulit yang sehat.

Niacinamide memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi sehingga cocok dipakai oleh kulit berjerawat ataupun rosacea. Bahan ini pun juga berguna untuk tingkatkan penciptaan ceramide (lipid yang melindungi skin barrier) sehingga dapat memproteksi kelembapan kulit, mengurangi garis halus hingga kerutan.