Wajib Coba! Dapatkan Wajah Mulus Alami Dengan Melakukan Ini

wajah

Memiliki wajah mulus alami tidak didapatkan dengan mudah, ada perawatan yang harus kamu jalanin dan hindari. Artikel ini akan menginformasikan lima kebiasaan yang harus dihindari untuk mendapatkan wajah mulus alami, cara ampuh mengatasi komedo dan cara mengatasi iritasi kulit. Karena ketiga hal itu adalah masalah yang paling banyak dialami perempuan.

 

Kebiasaan yang Harus Dihindari

Kulit wajah yang mulus dan halus didapatkan tidak hanya dari perawatan intensif aja. Ada faktor lain yang harus diperhatikan, seperti kebiasaan yang sering kamu lakukan sehari-hari. Ada baiknya kamu menghindari lima kebiasaan ini agar mendapatkan wajah mulus alami.

 

1. Kebiasaan mengeksfoliasi

Apa itu eksfoliasi? Kebiasaan eksfoliasi merupakan kegiatan untuk mengangkat lapisan kulit paling luar atau epidermis. Kebiasaan ini sering dilakukan dengan memakai scrub dari bahan yang kasar dan keras. Eksfoliasi adalah salah satu kebiasaan yang harus dihindari untuk mendapatkan wajah mulus alami.

Kamu tau tidak, jika butiran scrub yang keras dapat merusak wajah. Saat ini banyak produk kecantikan yang memilih bahan dasar seperti kacang, biji-bjijian dan kerang sebagai eksfoliator.

Sayangnya, produk kecantikan tersebut tidak mengolahnya dengan baik sehingga masih banyak butiran yang terlalu kasar untuk kulit dan terkadang memiliki sudut yang tajam. Ada baiknya, mulai sekarang kamu memperhatikan scrub yang sering digunakan, apakah kasar atau tidak.

Untuk mengurangi efek yang tidak baik, pilihlah scrub yang berukuran kecil dan berbentuk bundar. Jika kamu sudah mendapatkan scrub yang bagus, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi. Cukup lakukan dua kali dalam seminggu. Ada baiknya, pilihlah perawatan wajah secara alami dengan bahan-bahan terbaik.

 

2. Berendam dengan air hangat

Memang benar, berendam di air hangat bisa membuat tubuh menjadi nyaman dan rileks, sehingga kamu malas untuk beranjak dari bak mandi. Tapi kamu tau tidak jika terlalu lama berendam di air hangat tidak bagus untuk kulit?

Air hangat membuat lapisan pengikat sel kulit menjadi terkikis. Padahal lapisan tersebut berfungsi untuk mengikat sel agar kulit tetap lembab. Memang selesai berendam lapisan tersebut akan terbentuk lagi, tetapi selama proses berendam, kelembapan kulit berkurang dalam jumlah banyak.

 

3. Mengernyitkan mata

Kebiasaan ini sangat sepele, tapi jika dilakukan terlalu sering maka banyak kerutan disekitar mata yang akan muncul. Sebaiknya, kamu menghindari kebiasaan buruk ini agar wajah mulus alami.

Agar kamu tidak sering mengernyitkan mata, cobalah periksakan kesehatan mata. Periksa kesehatan mata secara rutin 6 bulan sekali. Mata normal akan membuat kamu melihat dengan jelas tanpa harus mengernyitkan mata.

 

4. Tidur dengan posisi menyamping

Kamu tau tidak jika tidur dengan posisi menyamping itu sangat berpengaruh terhadap peremajaan kulit wajah? Penjelasannya begini, saat posisi miring, gravitasi bumi akan membuat cairan menumpuk pada bagian bawah mata. Jika dilakukan terus menerus, mata akan menjadi bengkak dan berkantung. Kamu harus menghindari kebiasaan ini agar memiliki wajah mulus alami.

 

5. Mengkonsumsi makanan asin

Kebiasaan mengkonsumsi makanan asin juga harus dihindari agar mendapatkan wajah mulus alami. Makan asin memang sangat tidak baik untuk kulit.

Karena sodium pada garam dapat mengangkat kelembapan sehingga kulit menjadi kering. Ada baiknya, mulai sekarang kamu mengkonsumsi makan yang banyak mengandung vitamin seperti buah dan sayur.

 

Kamu sudah menghindari pantangan makanan dan pola hidup tidak sehat tapi masalah wajah seperti komedo masih membandel? Tidak perlu risau, kamu bisa menerapkan langkah berikut untuk mengatasinya.

 

Cara Ampuh Mengatasi Komedo

Coba jujur sudah berapa banyak produk atau masker yang kamu gunakan untuk mengatasi komedo? Bisa dibilang memiliki masalah komedo itu sangat menjengkelkan. Tapi tenang, dengan membaca artikel ini hingga selesai kamu akan mendapatkan beberapa cara untuk menghilangkan komedo. Penasaran? Langsung aja baca.

 

Pahami kandungan skincare yang kamu gunakan

Coba jawab, selama memakai berbagai macam produk skincare, apakah kamu tau kandungannya apa saja? Ternyata, ada beberapa produk skincare yang dapat menutup pori-pori kulit.

Hal tersebut yang membuat komedo sulit hilang. Untuk mengatasi komedo, mulai sekarang gunakan skincare yang bersifat non-comedogenic dan hindari produk yang mengandung mineral oil.

 

Lakukan eksfoliasi dengan benar

Coba jujur jika muncul komedo, kamu pasti ingin cepat-cepat melakukan scrub sekencang mungkin supaya hilang kan? Seharusnya kamu tidak melakukan itu untuk mengatasi komedo, karena melakukan scrub dengan kencang dapat merusak pori-pori. Ada baiknya kamu mengetahui jenis eksfoliasi yang cocok dengan jenis kulit.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, gunakan kandungan chemical exfoliator seperti glycolic acid dan salicylic acid yang lebih lembut. Sedangkan, jika kamu memiliki kulit normal nggak ada salahnya untuk mencoba physical exfoliator seperti peeling pad, brush dan yang lain.

 

Gunakan retinoid

Disini ada yang masih tidak tau apa itu retinoid? Retinoid merupakan treatment yang digunakan untuk perawatan semua jenis jerawat yang bertujuan meningkatkan pergantian sel kulit mati agar mencegah pori-pori tersumbat.

Asal muasal komedo yaitu terbentuk dari minyak yang menyumbat dan adanya sel kulit mati. Maka dari itu, retinoid merupakan awal yang baik untuk mengatasi komedo.

Jika kamu ingin mencoba retinoid, ada baiknya mulai dari kandungan 0,1%. Jika langsung menggungan kandungan yang tinggi, kulit dapat kaget dan bereaksi negatif. Ada baiknya, gunakan sunscreen setelahnya agar kulit tidak iritasi, terbakar bahkan terkelupas.

 

Selalu gunakan pelembap

Wajah sehabis eksfoliasi pasti akan kering. Untuk mengatasinya, gunakan pelembap yang tepat. Gunakan pelembap dengan kandungan Hyaluronic acid yang mampu menahan air pada wajah.

 

Gunakan DR. Rochelle Skin Expert

Jika kamu sudah menggunakan semua cara diatas tetapi tidak berhasil juga, dermatologist merupakan pilihan yang tepat. Skincare yang berasal dari dermatologist pasti sudah berpengalaman dan tau bagaimana cara mengatasi komedo dan mencegahnya tumbuh kembali.

Terdapat dua paket perawatan yaitu Luxury Set dan Mini Pack. Untuk kamu yang ingin mencoba terlebih dahulu, bisa menggunakan rangkaian mini pack yang berisi facial wash, toner, BB cream, dan night cream.

Ingat, jangan sampai kamu salah memakai produk ya. Salah memakai produk dapat membahayakan kulit seperti timbulnya rasa panas, gatal-gatal bahkan iritasi. Jika sudah terlanjur terjadi iritasi, kamu bisa mengikuti langkah ini agar pulih kembali.

 

Cara Mengatasi Iritasi Kulit Karena Salah Memakai Produk

Setiap perempuan pasti menginginkan kulit bersih dan bebas dari masalah. Tidak heran jika sedang mengalami iritasi, kamu pasti akan panik dan ketakutan. Apalagi jika iritasi karena salah memakai produk. Agar kamu tidak panik, artikel ini akan menginfokan cara mengatasi iritasi kulit karena salah memakai produk.

Iritasi biasanya disebabkan dari penggunaan produk yang terlalu banyak, menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau bahan dari produk yang berbeda. Berikut ini cara mengatasi iritasi kulit dengan mudah. Simak ya!

  1. Yang pertama kali harus dilakukan, perhatikan perubahan pada wajah setelah habis menggunakan produk kecantikan. Jika kamu mengalami kemerahan, gatal, bintik-bintik atau jerawat, ada baiknya kamu hentikan pemakaian produk jika hanya membuat kulit kamu memicu reaksi yang negatif.
  2. Cara mengatasi iritasi kulit selanjutnya, cuci muka dengan sabun bebas aroma untuk menghilangkan sisa produk yang menempel pada wajah. Bilas wajah dengan air hingga bersih sampai tidak ada busa yang tersisa.
  3. Jika yang kamu alami adalah kulit kemerahan dan iritasi, disarankan untuk menggunakan lotion seperti calamine. Berbeda jika kulit melepuh, disarankan untuk menggunakan lotion antiseptik. Jika iritasi kulit yang dialami disertai bengkak dan rasa gatal, cobalah oleskan krim hidrokortison dan minum tablet antihistamin.
  4. Selalu menjaga area kulit yang memiliki iritasi agar tetap lembap. Gunakan krim hypoallergenic yang biasanya mengandung minyak yang dapat membuat kulit jadi halus.
  5. Gunakan pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol, kamu bisa mencari bahan alternative lain seperti menggunakan bahan lavender atau witch hazel yang dapat menyejukkan dan mengecilkan pori-pori.

Cara mengatasi iritasi kulit yang terakhir, konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang diperlukan ya. Sekarang, sudah tahu kan cara mengatasi iritasi kulit? Kamu tidak perlu panik sehingga mengambil langkah yang salah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *