Menurut Kamu, Perlukah Bahan Aktif Pada Skin Care Routine?

Acids merupakan bahan aktif pada skin care routine yang sudah diberi label asam. Orang berpendapat bahwa Acids dapat membuat kulit menjadi panas dan menyebabkan iritasi.

Pada dasarnya, ada beberapa jenis Acids yang alami dan bagus untuk kulit. Kamu hanya perlu mencari tahu mana yang cocok untuk kulit dan mana yang tidak. Ada bebrapa yang perlu kamu ketahui mengenai bahan aktif pada skin care routine.

Untuk lebih memahami bahan aktif, kamu harus mengetahui perbedaan antara Chemical dan Physical Exfoliator. Chemical merupakan perawatan kulit bintik-bintik, pucat dan kering secara kimiawi, sedangkan physical merupakan pengelupasan kulit secara mekanis.

Pada saat ini, kamu pasti condong pada pengelupasan kulit physical exfoliator yaitu dengan menggunakan scrub atau alat seperti konjac sponge. Karena menggunakan kedua cara tersebut merupakan cara mengangkat sel kulit yang paling aman dan ampuh.

Padahal menggunakan cara physical exfoliator memiliki resiko menyebabkan micro-abrasions atau lecet kecil pada kulit, dan menghilangkan minyak alami kulit yang dibutuhkan oleh wajah untuk kulit yang sehat dan seimbang.

Sebagai penggantinya, cobalah menggunakan cara chemical peel atau menggunakan bahan-bahan yang mengandung bahan aktif seperti acids pada skin care kamu.

Chemical exfoliator dapat membantu mengurangi jerawat dan merangsang pembentukan sel kulit baru yang sehat. Tidak hanya itu, penggunaan Chemical Exfoliator dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang sudah bertumpuk di permukaan kulit. Berikut ini bahan aktif yang bagus untuk kulit:

 

  1. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Skin care routine dengan kandungan AHA sangat bagus untuk mengurangi tanda-tanda penuan dini seperti keriput dan garis-garis halus. Bagi kamu yang ingin menghilangkan hiperpigmentasi atau flek-flek hitam akibat sinar matahari juga bisa memilih produk dengan kandungan AHA.

AHA cocok untuk semua jenis kulit, tapi sangat bagus bagi kulit kering karena dapat menjaga kelembapan kulit selama proses perawatan berlangsung.

Kandungan AHA yang biasa ditemukan pada produk perawatan kulit, seperti glycolic acid atau asam glikolat dapat ditemukan pada anggur mentah dan buah bit. Berfungsi untuk pengelupasan kulit secara kimiawi dalam perawatan peremajaan kulit.

Lactic acid atau asam laktat adalah zat kimia yang diproduksi oleh tubuh yang ada di otot saat berolahraga. Sangat dianjurkan untuk menghindari bahan ini jika kamu mengidap alergi susu sapi. Ada juga citric acid atau asam sitrat yang biasanya diekstraksi dari buah lemon dan jeruk nipis.

 

  1. Beta Hydroxy Acid (BHA)

Beta Hydroxy Acid (BHA)

BHA berfungsi untuk masuk ke dalam lapisan kulit untuk menyingkirkan kotoran di dalam kulit yang menyumbat pori-pori. BHA sangat bagus untuk jenis kulit berjerawat, karena BHA dapat menghilangkan komedo.

BHA bersifat kering, sehingga sangat bagus digunakan untuk jenis kulit berminyak dan tidak disarankan untuk jenis kulit kering. Kamu bisa mengetahui kandungan BHA pada skin care routine jika produk mengandung komposisi salicylic acid dan tropic acid.

Salicylic acid atau asam salisilat banyak ditemukan pada produk anti jerawat. Salicylic acid juga dapat digunakan untuk pengelupasan kulit, sedangkan tropic acid adalah asam kristalin yang diperoleh dari hidrolisis atropin.

 

  1. Retinoid

Retinoid

Retinoid berasal dari vitamin A, yang biasanya  untuk kesehatan mata dan kulit. Retinoid pada dasarnya melakukan apa yang dilakukan AHA dan BHA. Yang berbeda, Retinoid tidak hanya menghaluskan permukaan kulit, retinoid juga membersihkan pori-pori.

Retinoid merupakan bahan utama yang digunakan untuk perawatan wajah anti penuaan. Terdapat dua retinoid yang bisa kamu gunakan. Retinoid topical dan tretinoin.

Produk dengan kandungan retinoid dapat menimbulkan efek samping seperti mengelupas, kemerahan, dan kering. Apalagi jika kamu menggunakan sun screen. Ada baiknya, saat menggunakan retinoid kamu tidak perlu menggunakan sun screen lagi.

Sekarang, sudah yakinkah kamu menggunakan bahan aktif untuk skin care routine? Dari pada hanya menggunakan scrub yang dapat membuat kulit luka karena teksturnya yang cenderung kasar, lebih baik menggunakan chemical exfoliant. Kita selalu berharap kulit kita bisa sehat dan mulus. Jika kamu tidak mau repot dan sedang mencari skin care, cobalah menggunakan DR. Rochelle Skin Expert.

Perawatan kulit DR. Rochelle adalah produk kecantikan yang terbuat dari bahan-bahan alami pilihan. Bermanfaat untuk melindungi dan merawat kecantikan kulit wajah secara alami. Di DR. Rochelle Skin Expert ada banyak skin care routine yang bisa kamu pilih. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *