Jangan Asal, Cara Memilih Sabun Muka Untuk Kulit Berminyak

Makeup Remover

Ada yang berpendapat jika memiliki kulit muka berminyak membuat orang kurang percaya diri. Produksi minyak berlebih pada muka dapat menyebabkan jerawat. Biasanya hasil makeup juga terlihat cakey (terlalu tebal), apalagi saat siang hari. Untuk mengatasinya, kamu harus tepat memilih sabun muka untuk kulit berminyak.

Penasaran bagaimana cara memilih sabun muka yang tepat untuk kulit berminyak? Simak tips dibawah ini dan terapkan saat ingin berbelanja.

 

  1. Memastikan sabun muka yang dipilih dapat mengontrol minyak

Memastikan sabun muka yang dipilih dapat mengontrol minyak

Produk yang beredar dipasaran pasti memiliki fungsi tertentu. Selain mengontrol minyak, ada baiknya sabun muka yang kamu pilih mengandung manfaat untuk membersihkan wajah hingga ke pori-pori sehingga komedo tidak akan muncul. Jika wajah kamu sudah berjerawat, carilah sabun yang berguna untuk mengurangi radang dan iritasi pada wajah.

 

  1. Hindari bahan dan jenis sabun yang memicu jerawat

Hindari bahan dan jenis sabun yang memicu jerawat

Setiap orang memiliki kulit muka yang memiliki kadar sensitif yang berbeda. Itu yang menyebabkan tidak semua sabun muka cocok digunakan.

Sabun muka untuk kulit berminyak sebaiknya menghindari bahan-bahan tertentu seperti pewarna sintetis, pewangi buatan, alkohol, paraben, atau petrokimia yang dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat.

Tidak hanya disitu, terdapat juga jenis sabun muka yang partikelnya dapat memblokir pori-pori kulit, sehingga menyebabkan peradangan pada jerawat.

 

  1. Tidak semua sabun muka yang menghasilkan banyak busa menyebabkan semakin bersih

Tidak semua sabun muka yang menghasilkan banyak busa

Diantara kamu, pasti masih ada yang beranggapan semakin banyak busa yang dihasilkan sabun maka akan semakin bersih wajah. Pada dasarnya, busa itu berasal dari sodium lauryl sulfate.

Pada umumnya selain digunakan sebagai komposisi sabun muka yang beredar dipasaran, bahan dengan kandungan sodium lauryl sulfate biasanya terdapat juga pada produk pembersih mobil, pembersih porselain, hingga minyak pelumas mesin.

Dampak negatifnya, kandungan SLS pada sabun muka dapat  menghilangkan lapisan minyak alami yang melindungi kulit dan kadar air pada lapisan teratas kulit. Hal tersebut menyebabkan produksi minyak semakin bertambah.

 

  1. Cari sabun muka yang mengandung esktrak Salycilic Acid dan natural

Cari sabun muka yang mengandung esktrak Salycilic Acid

Bisa dibilang memilih sabun muka untuk kulit berminyak banyak pantangannya. Tapi jangan sedih, kamu masih tetap bisa memelihara kecantikan dengan sabun muka yang tepat.

Ada baiknya, kamu menggunakan sabun muka yang menggunakan saripati bahan-bahan alami penghilang jerawat seperti ekstrak mentimun, kunyit, jeruk lemon, atau tea tree.

Produk tersebut kaya akan kandungan vitamin dan zat baik yang bisa mengurangi kadar minyak serta menghambat pertumbuhan kuman penyebab jerawat. Biasanya, sabun muka bermuatan Salycilic Acid cocok digunakan untuk kulit berminyak.

Salicylic Acid adalah zat kimia yang berperan sebagai anti-inflamasi untuk meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat bermunculan.

Jika kamu masih bingung produk sabun muka untuk kulit berminyak, cobalah gunakan facial wash dari Dr. Rochelle Skin Expert. Dengan menggunakannya dapat menjaga kelembabapan, menyegarkan dan mencerahkan kulit.

Memiliki kulit berminyak memang membutuhkan perawatan khusus, tidak berarti kamu harus minder. Dengan memilih sabun muka untuk kulit berminyak dengan tepat maka masalah muka bisa teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *