Ingin Wajah Cantik? Ini Perawatan Pembersih Wajah Yang Benar

perawatan-pembersih-wajah

Mendapatkan wajah putih terawat itu tidak mudah, kamu harus melakukan perawatan pembersih wajah setiap hari. Tidak hanya itu, kamu juga harus memilih produk yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Apa saja sih perawatan wajah yang tepat?

 

Perawatan Pembersih Wajah yang Benar

Deadline pekerjaan yang padat dan kemacetan yang tidak kunjung usai, membuat kasur terlihat lebih mengasikkan dibandingkan harus membersihkan wajah dengan benar. Padahal mengabaikan perawatan pembersih wajah sehari saja bisa menimbulkan jerawat, pori-pori akan tersumbat, dan bisa menyebabkan penuan dini.

Tidak hanya itu, jika kamu mengesampingkan cara perawatan pembersih wajah yang benar, dapat mempengaruhi kondisi kulit wajah. Sangat penting bagi perempuan untuk memahami cara perawatan pembersih wajah yang benar. Agar impian memiliki wajah yang cantik dan cerah bisa tercapai.

Sebelum lanjut mengenai cara perawatan pembersih wajah yang benar, ada baiknya kamu kenali lebih dekat bagaimana jenis kulit wajah yang kamu miliki. Hal tersebut sangat penting, agar jenis pembersih wajah yang kamu gunakan lebih tepat sasaran dan sesuai dengan jenis kulit wajah.

Ciri-ciri orang yang memiliki kulit wajah berminyak yaitu memiliki pori-pori yang besar, muka terlihat mengkilap dan berminyak. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit ini dianjurkan memakai sabun pembersih wajah yang tidak memiliki knadungan minyak. Untuk kulit berminyak, sangat wajib menggunakan toner untuk menghilangkan minyak berlebih.

Untuk wajah berminyak, kamu bisa menggunakan rangkaian produk dari Dr. Rochelle Skin Expert. Facial wash DR. Rochelle dapat membersihkan kulit wajah dari kotoran, debu atau sisa makeup sampai bersih. Pembersih wajah yang diperkaya dengan witch hazel dan aloe vera extract untuk menjaga kelembapan, menyegarkan serta menyerahkan kulit.

Toner Dr. Rochelle  juga membantu menyempurnakan proses pembersihan wajah. Toner ini diperkaya dengan ekstra Aloe Vera yang bermanfaat untuk mengembalikkan kondisi kulit, menyejukkan kulit akibat jerawat atau sinar matahari, serta dapat menenangkan kulit. Toner ini bisa digunakan dua kali sehari.

Ciri-ciri orang yang memiliki kulit wajah kering yaitu cenderung kasar dan bersisik. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit ini, disarankan untuk menghindari pembersihan muka yang mengandung alkohol dan gunakan perawatan pembersih wajah yang lembut agar kulit tidak semakin kering.

Untuk kulit kering, kamu bisa menggunakan BB cream dari Dr. Rochelle karena bermanfaat untuk melembabkan kulit, mencerahkan, melindungi dari sinar matahari dan dapat digunakan sebagai alas bedak. Tekstur BB cream ringan dan nyaman untuk digunakan setiap hari.

Ciri-ciri orang yang memiliki kulit wajah sensitif, kamu akan merasa gatal atau bahkan perih setelah mengenakan produk perawatan atau kosmetik tertentu. Pemilik wajah normal sangat membahagiakan, karena kulit wajah akan terlihat lebih bersih dan tidak mudah sensitif.

Kamu sudah mengenali jenis kulit dan perawatan pembersih wajah yang tepat. Langkah selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah menjaga kebersihan wajah. Berikut ini langkah-langkah untuk membersihkan wajah yang termasuk dalam treatment perawatan pembersih wajah.

 

1. Bersihkan makeup sebelum mencuci wajah dengan air

Diantara kamu masih ada yang berpikir jika membersihkan makeup dengan mencuci saja cukup? Anggapan itu keliru. Membersihkan wajah yang benar adalah dengan membersihkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih remover.

Untuk membersihkan makeup mata yang sulit seperti maskara dan eye liner, kamu bisa menggunakan cairan remover khusus dengan kandungan dasar minyak.

 

2. Bersihkan wajah dengan lembut

Setelah makeup sudah dibersihkan, barulah kamu mencuci wajah dengan sabun sesuai dengan jenis kulit. Tidak hanya menggunakan jari, kamu juga bisa menggunakan sponge atau waslap khusus untuk wajah. Setelah wajah sudah dibersihkan dengan facial wash Dr Rochelle, bilas wajah menggunakan air hangat ( jangan terlalu panas dan juga dingin).

 

3. Keringkan wajah menggunakan handuk bersih

Wajah kamu sudah bersih, tidak berarti bebas mengeringkan wajah dengan handuk seadanya. Jangan pernah menggunakan handuk pengering tangan, walaupun terlihat bersih, pasti ada bakteri yang menempel karena pemakaian berulang.

Setelah mengetahui cara perawatan pembersih wajah yang benar, cobalah untuk tetap menjaga kebersihkan wajah disekitar tempat tidur. Selalu ganti sarung bantal dengan yang bersih atau gunakan kain bersih sebagai alas bantal.

Selain itu, ingatlah agar tidak berlebihan membersihkan wajah. Membersihkan wajah setiap saat sama halnya dengan tidak membersihkan wajah sama sekali. Bahkan jika wajah kamu berjerawat sekali pun, membersihkan wajah terlalu sering dapat memperburuk kondisi jerawat.

 

Dalam hal membersihkan wajah, kamu juga harus memperhatikan cleanser yang digunakan, apakah sudah sesuai dengan jenis kulit atau tidak. Agar kamu tidak salah memilih, begini cara memilih cleanser sesuai dengan jenis kulit.

 

Harus Tau! Memilih Cleanser Sesuai Jenis Kulit

Tahapan membersihkan wajah sangat berpengaruh untuk menjaga kulit agar tetap bersih dan bebas dari masalah. Jangan sampai kamu salah memilih pembersih, hal tersebut akan menyebabkan masalah kulit. Karena itu, kamu harus mengetahui cara memilih cleanser sesuai jenis kulit.

 

  1. Kulit Normal

Sangat berbahagia saat kamu memiliki tipe kulit normal. Kulit jenis ini sangat jarang mengalami masalah kulit. Pemilik jenis kulit ini tidak perlu banyak melakukan perawatan. Gunakan cleanser dengan rajin untuk mengangkat sisa makeup dan membersihkan wajah dari kotoran untuk menjaga kulit agar tetap bersih sehingga tidak muncul masalah kulit yang tidak diinginkan.

Nah, untuk kulit normal kamu bisa memilih cleanser sesuai jenis kulit apapun sesuai dengan referensi yang sudah kamu gunakan sebelumnya. Yang paling penting, kandungan cleanser tidak memiliki bahan-bahan yang keras untuk kulit.

 

  1. Kulit Berminyak

Permasalah kulit berminyak muncul dikarenakan kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak untuk menjaga kulit tetap lembap. Kamu jangan sampai berpikir karena merasa kulit berminyak, kamu tergonda untuk menggunakan pembersih dengan bahan yang keras dan bisa menghilangkan minyak secara instan.

Jika kamu menggunakan bahan yang keras, tanpa disadari bukannya menghilangkan minyak pada wajah, kamu akan membuat kulit semakin kering dan akan memicu produksi minyak berlebih.

Memilih cleanser sesuai jenis kulit berminyak yaitu pilih cleanser yang memiliki formula lightweight dengan kandungan surfactant yang cukup tinggi tetapi tidak berlebihan karena dapat membuat kulit kering dan emollients yang rendah karena emollient berfungsi untuk membuat kulit menjadi ekstra lembap. Jenis cleanser terbaik untuk kulit berminyak adalah foaming cleanser.

 

  1. Kulit Kering

Permasalahan kulit kering yang sering dialami adalah cleanser yang digunakan terlalu keras untuk jenis kulit dan dapat menghapuskan semua minyak pada wajah. Kamu pasti tau, kulit wajah kering tidak memproduksi minyak yang berlebihan, jika dibersihkan lagi menggunakan cleansear yang keras, secara otomatis kulit akan menjadi lebih kering dari sebelumnya.

Memilih cleanser sesuai jenis kulit yang satu ini yaitu cleanser dengan kandungan emollient tinggi dan surfactant yang rendah. Emollient akan memperkuat kulit lebih optimal lagi sehingga kulit wajah yang kering bisa menjadi lembap.

Jenis cleanser untuk kulit kering adalah cleasing balm, cleasing milk, dan cleasing oil. Kamu sedang mencari produk cleasing milk terbaik? Coba gunakan cleasing milk dari DR. Rochelle skin expert. Krim pembersih ini sangat bagus untuk membersihkan sisa makeup serta membersihkan wajah menjelang tidur.

 

  1. Kulit kombinasi

Jenis kulit yang paling kompleks pada area T-Zone dan dagu pasti sangat berminyak dan greasy, sedangkan dibagian wajah lainnya sangat kering dan flaky. Jenis kulit kombinasi memang sulit menemukan menemukan cleanser yang tepat.

Memilih cleabser sesuai jenis kulit ini cukup merepotkan. Mungkin saja kamu tidak menyukai dan menganggap jika solusi ini terlalu merepotkan. Tapi untuk menjaga kulit tetap bersih, kamu harus menggunakan dua jenis cleanser sekaligus.

Dua jenis cleanser yaitu yang mengandung emollients tinggi pada area kulit yang kering dan emollient rendah untuk area kulit berminyak.

Jenis cleanser terbaik untuk kulit kombinasi adalah Ceansing milk digunakan untuk area kulit yang kering, cleansing oil digunakan untuk area kulit yang kering, cleansing balm digunakan untuk area kulit yang kering dan foaming cleanser digunakan untuk area kulit berminyak.

 

  1. Sensitif Skin

Bisa dibilang hampir semua jenis cleanser bisa membuat kulit sensitive menjadi iritasi, kering dan juga memerah. Ada baiknya, kamu mempertimbangkan untuk menggunkan cleanser atau gunakan cleanser dengan kandungan bebas dari fragrance karena bisa meyebabkan iritasi jika digunakan pada kulit yang sensitif. Jenis Cleanser yang cocok untuk kulit sensitif micellar water.

Itulah cara memilih cleanser sesuai jenis kulit yang harus kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai salah. memilih cleanser yang tepat sudah, berarti saatnya kamu mengetahui cara memilih sabun muka yang tepat untuk kulit berminyak.

 

Jangan Asal Pakai, 4 Cara Memilih Sabun Muka Untuk Kulit Berminyak

Ada yang berpendapat jika memiliki kulit muka berminyak membuat orang kurang percaya diri. Produksi minyak berlebih pada muka dapat menyebabkan jerawat. Biasanya hasil makeup juga terlihat cakey (terlalu tebal), apalagi saat siang hari. Untuk mengatasinya, kamu harus tepat memilih sabun muka untuk kulit berminyak.

Penasaran bagaimana cara memilih sabun muka yang tepat untuk kulit berminyak? Simak tips dibawah ini dan terapkan saat ingin berbelanja.

 

Memastikan sabun muka yang dipilih dapat mengontrol minyak

Produk yang beredar dipasaran pasti memiliki fungsi tertentu. Selain mengontrol minyak, ada baiknya sabun muka yang kamu pilih mengandung manfaat untuk membersihkan wajah hingga ke pori-pori sehingga komedo tidak akan muncul. Jika wajah kamu sudah berjerawat, carilah sabun yang berguna untuk mengurangi radang dan iritasi pada wajah.

 

Hindari bahan dan jenis sabun yang memicu jerawat

Setiap orang memiliki kulit muka yang memiliki kadar sensitif yang berbeda. Itu yang menyebabkan tidak semua sabun muka cocok digunakan.

Sabun muka untuk kulit berminyak sebaiknya menghindari bahan-bahan tertentu seperti pewarna sintetis, pewangi buatan, alkohol, paraben, atau petrokimia yang dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat.

Tidak hanya disitu, terdapat juga jenis sabun muka yang partikelnya dapat memblokir pori-pori kulit, sehingga menyebabkan peradangan pada jerawat.

 

Tidak semua sabun muka yang menghasilkan banyak busa menyebabkan semakin bersih

Diantara kamu, pasti masih ada yang beranggapan semakin banyak busa yang dihasilkan sabun maka akan semakin bersih wajah. Pada dasarnya, busa itu berasal dari sodium lauryl sulfate.

Pada umumnya selain digunakan sebagai komposisi sabun muka yang beredar dipasaran, bahan dengan kandungan sodium lauryl sulfate biasanya terdapat juga pada produk pembersih mobil, pembersih porselain, hingga minyak pelumas mesin.

Dampak negatifnya, kandungan SLS pada sabun muka dapat  menghilangkan lapisan minyak alami yang melindungi kulit dan kadar air pada lapisan teratas kulit. Hal tersebut menyebabkan produksi minyak semakin bertambah.

 

Cari sabun muka yang mengandung esktrak Salycilic Acid dan natural

Bisa dibilang memilih sabun muka untuk kulit berminyak banyak pantangannya. Tapi jangan sedih, kamu masih tetap bisa memelihara kecantikan dengan sabun muka yang tepat.

Ada baiknya, kamu menggunakan sabun muka yang menggunakan saripati bahan-bahan alami penghilang jerawat seperti ekstrak mentimun, kunyit, jeruk lemon, atau tea tree.

Produk tersebut kaya akan kandungan vitamin dan zat baik yang bisa mengurangi kadar minyak serta menghambat pertumbuhan kuman penyebab jerawat. Biasanya, sabun muka bermuatan Salycilic Acid cocok digunakan untuk kulit berminyak.

Salicylic Acid adalah zat kimia yang berperan sebagai anti-inflamasi untuk meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat bermunculan.

Jika kamu masih bingung produk sabun muka untuk kulit berminyak, cobalah gunakan facial wash dari Dr. Rochelle Skin Expert. Dengan menggunakannya dapat menjaga kelembabapan, menyegarkan dan mencerahkan kulit.

Memiliki kulit berminyak memang membutuhkan perawatan khusus, tidak berarti kamu harus minder. Dengan memilih sabun muka untuk kulit berminyak dengan tepat maka masalah muka bisa teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *