Cari Tau Lebih Dalam Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi saat folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat dengan minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik di beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggu dan dada. Setelah itu, kamu harus mencari tau penyebab timbulnya jerawat.

Memang jerawat bisa dialami oleh siapa saja, pada umumnya sebagian besar orang mengalami jerawat pada masa puber, yaitu remaja berusia 10-13 tahun dan semakin bertambah pada orang yang memiliki kulit berminyak.

Biasanya, jerawat pada remaja umumnya akan hilang dengan sendirinya pada awal usia 20 tahun. Tapi pada sebagian kasus, masih ada yang mengalami masalaj jerawat hingga umur 30 tahun, terutama pada perempuan.

 

Gejala Jerawat

Gejala Jerawat

Kamu tau tidak jika jeawat dapat tumbuh hamper diseluruh bagian tubuh. Tapi pada umumnya jerawat muncul pada bagian wajah, bahu, leher, punggung dan dada. Gejala awal munculnya jerawat yaitu munculnya bintik hitam atau komedo.

Bintik hitam yang muncul pada wajah bukan karena berasal dari kotoran, tapi karena terpapar dengan oksigen di udara. Sedangkan komedo putih terletak dibawah permukaan kulit dan memiliki teksture yang lebih keras. Selain adanya komedo hitam dan putih, ada juga jerawat yang ditambah dengan peradangan, diantaranya:

  • Pustula, yaitu benjolan kecil yang diujungnya terdapat nanah.
  • Papula, yaitu adanya benjolan kecil kemerahan yang menimbulkan rasa sakit.
  • Nodul, yaitu benjolan keras yang terbentuk di bawah permukaan kulit, dan kadang terasa menyakitkan.
  • Kista, yaitu berbentuk benjolan besar berisi nanah yang menimbulkan rasa sakit. Sama seperti nodul, kista terbentuk pada bagian bawah permukaan kulit.

 

Penyebab Jerawat

Penyebab Jerawat

Kamu tau tidak jika terdapat empat kondisi penyebab timbulnya jerawat, diantaranya:

  • Produksi sebum berlebih, sebum merupakan zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering.
  • Sumbatan pada folikel rambut, jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat dengan campuran sel kulit mati dan sebum.
  • Bakteri, penyebab timbulnya jerawat yang ketiga adalah bakteri Propionibacterium acnes berkembang biak dan menyumbat folikel rambut, serta menyebabkan peradangan.
  • Hormon androgen yang berlebih adalah penyebab timbulnya jerawat yang sering dialami kebanyakan orang.

Kamu tau tidak, folikel yang tersumbat bisa membengkak dan memunculkan komedo putih serta hitam jika terpapar dengan kondisi udara diluar. Kondisi ini jangan dianggap remeh, karena komedo dapat berkembang menjadi pustula, papula, nodul, atau bahkan kista, jika terkontaminasi dengan bakteri kulit.

 

Faktor Risiko Jerawat

penyebab-jerawat

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat, di antaranya:

  • Perubahan hormon, 80% kasus jerawat pada perempuan terjadi karena adanya perubahan hormon pada masa tertentu. Misalnya, menjelang menstruasi, tiga bulan awal pada masa kehamilan, atau bisa juga akibat PCOS.
  • Masa puber, penyebab timbulnya jerawat pada masa ini karena aktivitas hormon testosteron yang meningkat. Akibatnya, kelenjar minyak menghasilkan sebum yang berlebihan dari yang dibutuhkan kulit.
  • Penyebab timbulnya jerawat yang ketiga yaitu karena faktor keturunan. Memang benar, seseorang dari keturunan keluarga yang bermasalah dengan jerawat lebih berisiko mengalami jerawar.
  • Adanya gesekan kulit dengan benda, contohnya jerawat di wajah yang diakibatkan terlalu sering mengenakan penutup kepala, adanya jerawat dileher karena pemakaian baju yang terlalu ketat dibagian kerah atau munculnya jerawat di punggung akibat sering menggunakan ransel.
  • Terlalu stres, meski memang stres tidak menyebabkan jerawat tapi dapat memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada.
  • Konsumsi obat-obatan, penggunaan kosmetik dan merokok.

 

Diagnosis Jerawat

Diagnosis Jerawat

Penyebab timbulnya jerawat dapat diketahui dengan pemeriksaan langsung pada kulit penderita. Melalui adanya pemeriksaan, dokter dapat menentukan jenis jerawat apa yang tumbuh serta dapat mengukur tingkat keparahannya. Berikut ini tingkat keparahan jerawat:

  1. Jerawat hanya berupa komedo putih dan hitam dengan sedikit papula dan pustula.
  2. Jerawat yang berbentuk papula dan pustula muncul di wajah.
  3. Jerawat yang bermunculan berbentuk papula, pustula, dan nodul, pada wajah, dada, dan punggung.
  4. Jerawat yang muncul berbentuk pustula dan nodul. Muncul pada kulit disertai rasa sakit.

Pemeriksaan kelanjutan biasanya tidak dilakukan untuk mengetahui penyebab timbulnya jerawat yang muncul pada perempuan yang disertai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Atau bisa juga terdapat hirsutisme, yaitu tumbuhnya rambut lebat pada bagian yang biasanya berambut pada pria, seperti wajah atau dada. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon akibat PCOS. Untuk memastikan, dokter pasti akan melakukan USG panggul yang dikombinasikan dengan tes darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *