Yuk Terapkan! Perawatan Anti Aging yang Sesuai

anti aging

Semakin dewasa maka semakin berbeda produk perawatan wajah yang diperlukan. Bintik hitam, kerutan, kulit wajah belang merupakan masalah yang sering muncul bagi perempuan dewasa. Lalu, bagaimana dengan pemakaian kandungan krim anti aging yang dapat proses penuan pada kulit?

Pada dasarnya, anti aging merupakan proses untuk mencegah penuan pada wajah. Kulit akan menua karena faktor lingkungan dan usia yang mendominasi munculnya penuan wajah. Salah satu cara mencegah penuan adalah dengan menggunakan krim anti aging.

 

Kapan sebaiknya perempuan menggunakan perawatan anti penuaan?

Keriput dan kerutan merupakan musuh banyak orang terutama bagi perempuan. Karena itu banyak orang membeli produk perawatan wajah anti aging dengan harapan dapat mengatasi proses penuaan yang terjadi pada kulit. Sebenarnya, kapan kulit akan mengalami proses penuaan?

Menurut Dr. Anna Karp dari Skin Institute, New York dikutip dari auratabloidbintang.com mengatakan jika proses penuaan pada kulit dimulai di usia akhir 20an. Menurutnya, “kerut dan keriput terbentuk karena wajah selalu bergerak untuk menunjukkan ekspresi. Memang secara umum, kemunculan keriput statis mulai terjadi di usia akhir 20an. Mulai muncul di daerah dahi, area mata atau sekitar alis.”

Maka munculnya pertanyaan, kapan saat yang tepat untuk menggunakan produk anti aging? Banyak yang menyarankan untuk menggunakan produk anti aging.

ketika menginjak usia 25 tahun. Sesuai dengan pernyataan Dr. Edwin Tanihaha SpKK dari Rumah Sakit Siloam, menyatakan bahwa produk dengan formula anti penuaan sebaiknya digunakan seseorang ketika sudah menginjak usia 25 tahun.

“Sebaiknya sebelum usia 25 tahun, kita harus merawat kulit terutama dengan menggunakan produk anti aging. Karena proses penuaan terjadi di akhir usia 20an dan saat memasuki usia 30an, sehingga penggunaan skin care anti aging sebelum memasuki usia tersebut dapat mambantu menghambat proses penuaan di kulit,” tutupnya.

 

Apakah ada efek samping untuk anak muda saat menggunakan produk anti aging?

Saat ini, banyak brand skincare yang mengeluarkan rangkaian produk anti aging yang mengklaim bisa menyamarkan tanda-tanda penuaan. Biasanya target mereka berusia antara 30-35 tahun.

Namun, ada juga yang mengkhawatirkan munculnya kerutan pada wajah walaupun usia mereka masih sekitar 20an. Tidak ada salahnya menggunakan produk anti aging jika masih berusia 20an. Hal tersebut akan membantu menghambat proses penuaan pada kulit.

Ada baiknya, kita juga memperhatikan kondisi kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Jika kondisi kulitmu baik dan terbebas dari masalah, sebenarnya perawatan dengan kandungan anti aging tidak terlalu dibutuhkan.

Tapi jika kamu termasuk orang yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, sering terkena sinar matahari, saat memasuki usia akhir 20an produk dengan kandungan anti aging bisa mulai dimasukkan dalam skincare rutinmu.

 

Kapan waktu yang pas untuk perawatan anti aging?

Krim anti aging berguna untuk mencegah penuan dini, menyamarkan flek hitam, atapun menghilangkan kerutan dibawah mata. Saat ini, begitu banyak produk anti aging yang beredar di pasaran. Banyak perempuan yang sudah mencoba berbagai brand. Pertanyaan terpenting, apakah produk tersebut efektif untuk mencegah penuaan dini?

Memang benar, krim anti aging dapat membantu mencegah penuaan dini. Krim tersebut sangat efektif jika diaplikasikan pada malam hari. Lalu bagaimana jika ada produk day cream yang dipakai di pagi menjanjikan juga anti aging?

Kulit manusia beregenerasi tiga kali lebih cepat di malam hari dibandingkan siang hari. Untuk itulah produk anti aging sangat cocok digunakan pada malam hari. Untuk pemakaian pagi hari, tidak masalah karena krim tersebut berfungsi untuk melembapkan kulit.

 

Apa saja bahan yang perlu ada pada krim anti aging?

Begitu banyak bahan-bahan pada sebuah rangkaian perawatan wajah, sebenarnya bahan apa saja yang harus ada pada krim anti aging agar hasil yang diberikan sesuai dnegan harapan? Agar tidak salah menggunakan produk, berikut bahan yang perlu ada pada krim anti aging.

 

AHA dan BHA

Kandungan AHA pada krim anti aging sangat baik untuk jenis kulit normal cenderung kering, seklai untuk mengatasi kering akibat sinar matahari. Kandungan AHA sangat membantu untuk melembapkan dan meningkatkan produksi kolagen yang sehat dan juga memperhalus teksture kulit yang tidak merata. Sedangkan kandungan BHA sangat cocok untuk kulit normal dan cenderung berminyak.

 

Retinol

Merupakan kandungan zat yang terbuat dari vitamin A. pada dasarnya, retinol berfungsi untuk menyingkirkan sel kulit mati pada wajah dengan proses pengelupasan. Retinol juga terbukti bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen pada wajah yang dapat mengencangkan kulit.

Setelah menggunakan retinol, sebaiknya mukamu tidak terpapar sinar matahari langsung kecuali menggunakan sunblock. Karena jika tidak menggunakan sunblock, matahari akan menimbulkan iritasi pada wajah. Selain itu, setelah pemakaian retinol jika muka terkena sinar matahari, maka retinol tidak bekerja dengan baik. Maka dari itu, biasanya krim anti digunakan pada malam hari sebagai krim malam.

 

Niacinamida

Merupakan sel vitamin B3 yang dapat ditemukan dalam ikan susu, daging, sayuran hijau, telur dan sumber makanan lainnya. Krim anti aging yang mengandung vitamin B3 telah terbukti meningkatkan kadar bebas asama lemak dan ceramide di kulit.

Fungsi utama Niacinamida adalah mencegah kulit dehidrasi akibat terkena sinar martahari dan merangsang sirkulasi udara dalam jaringan sel kulit. Selain itu, Niacinamida  juga ampuh untuk mencegah dan mengurangi jerawat.

 

Vitamin E

Kamu tau tidak jika vitamin E telah terbukti meningkatkan produksi kolagen serta mampu mengurangi kerutan pada wajah. Manfaat lain krim anti aging yang mengandung vitamin adalah mengurangi munculnya perubahan warna kulit yang gelap dan tidak merata. Selain itu, vitamin E juga dapat melembapkan kulit dari efek kering terkana sinar matahari.

 

Vitamin C

Zat yang kaya akan manfaat, tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja tapi juga untuk kesehatan wajah. Untuk wajah, vitamin C bermanfaat untuk mencerahkan kulit, memproduksi kolagen, menyembuhkan jerawat. Karena pada dasarnya, vitamin c bersifat menyembuhkan luka.

 

Avobenzone

Kamu sering melihat komposisi bahan anti aging pada label belakang produk? Pada umumnya mengandung bahan avobenzone.

Avobenzone merupakan bahan krim wajah yang mampu menglangi sinar UVA menembus wajah. Untuk hasil yang maksimal, avobenzone biasanya dikombinasikan dengan zat benzofenon-3 atau oxybenzone yang berguna sebagai perlindungan terhadap sinar UVB.

 

Antioksidan

Pada dasarnya, krim anti aging yang bagus memang harus mengandung zat antioksida dengan tujuan mencegah keriput, mengangkat radikal bebas, dan memperbaiki kerusakan jaringan kulit. Kandungan antioksidan yang banyak ditemui terdapat pada esktrak biji anggur dan teh hijau.

Kamu sudah menemukan krim anti aging yang sesuai? Jika belum, gunakan rangkain perawatan DR Rochelle Skin Expert. Tidak hanya sebagai krim anti aging, rangkain produk DR Rochelle dapat membantu membersihkan kulit secara menyeluruh, merawat dan mencerahkan kulit, melembapkan, dan mengembalikkan kekenyalan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *